Pentingnya Perawatan Pada Kuku

Selain perawatan kulit, perawatan pada kuku juga tidak kalah penting . Hampir setiap wanita ingin memiliki kuku yang bersih dan indah. Untuk itu, perlu perawatan agar kuku tetap sehat, bersih dan indah. Karena memiliki kuku yang sehat dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit dan juga dapat menambah kepercayaan diri.

Tak hanya di salon, perawatan kuku juga bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan bahan alami. Berikut adalah cara alami yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kuku tetap terawat.

1. Memotong Kuku Secara Rutin



Cara merawat kuku yang paling mudah yaitu memotong dan membersihkan kuku. Dengan memotong dan membersihkan kuku secara rutin, kamu akan terhindar dari penyakit yang diakibatkan kuman yang menempel pada kuku.
Bersihkan kuku menggunakan air dan sabun saja atau dengan menggunakan sikat dan alat pembersih kuku, jangan lupa mengelapnya dengan kain yang bersih ketika selesai dicuci.

2. Olesi Kuku dengan Minyak Zaitun



Minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaat. Mulai dari masalah kecantikan hingga perawatan kuku, tidak lepas dari penggunaan minyak zaitun. Kandungan pada minyak zaitun dapat membantu memperkuat jaringan pada kuku sehingga mampu menjaga kesehatan kuku.
Cara perawatannya cukup mudah, yaitu dengan menghangatkan minyak zaitun lalu oleskan pada kuku menggunakan cuttonbath. Diamkan selama 15-20 menit, setelah selesai bilas menggunakan air hingga bersih.

3. Gosok Kuku dengan Belimbing Wuluh


Vitamin C pada belimbing wuluh dapat memperbaiki kelembapan alami kuku. Selain itu belimbing wuluh juga dapat mengangkat kotoran yang menempel pada kuku, sehingga dapat membuat tampilan kuku menjadi bersih berkilau.
Cara penggunaan nya adalah dengan menggosok-gosok lembut belimbing wuluh ke bagian ujung kuku agar airnya meresap ke dalam dan mengeluarkan kotoran dari dalam kuku. Lalu gosokkan juga secara merata pada bagian kuku yang kainnya, setelah selesai bilas dengan air bersih.

4. Rendam dengan Air Jeruk


Cara selanjutnya adalah dengan merendam kuku dalam air jeruk. Siapkan air hangat dalam sebuah wadah, lalu campurkan perasan air jeruk kedalamnya. Rendam kuku selama 15-20 menit, lalu bilas menggunakan air bersih untuk menghilangkan rasa lengket akibat air jeruk.

Komentar

Postingan Populer