5 Masalah Kulit Wajah Pada Remaja dan Cara Mengatasinya


Masa remaja adalah masa dimana permasalahan kulit wajah sering timbul. Baik remaja cewek maupun remaja cowok, pasti pernah mengalami masalah pada kulit wajah mereka. Salah satu masalah yang sering diributkan oleh remaja yaitu jerawat. Semua masalah itu terjadi karena adanya perubahan hormon pada remaja.

 Setiap remaja pasti memiliki kulit wajah yang berbeda. Maka dari itu, berbeda pula masalah kulit wajah yang dialami oleh setiap remaja. Ada yang menggunakan skincare, adapula yang menggunakan bahan alami.


Berikut adalah beberapa masalah pada wajah dan cara mengatasinya:
1. Jerawat





Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling sering dialami remaja dimana kelenjar sebaceous terlalu aktif sehingga menghasilkan minyak terlalu berlebih, dan menghasilkan komedo hitam atau putih.
Cara mengatasinya dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi dan perhatikan kebersihan kulit wajah. Jangan biarkan wajahmu berminyak pekat dan membuat debu kotoran menempel di sana.


2. Kulit Berminyak





Ketika kulit wajahmu berminyak, bisa jadi sedang terjadi perubahan hormon dalam tubuhmu. Bisa saja karena kamu sedang strees atau bagi perempuan sedang dalam masa pra menstruasi.

Cara mengatasi kulit berminyak ialah memakai produk pembersih muka yang tepat, memakai make up yang bersih, dan rajin membersihkan wajah. Membersihkan wajah berminyak menggunakan air hangat akan membuka pori-pori sehingga minyak wajah akan membuat minyak berkurang secara signifikan.


3. Kulit kering

Orang-orang yang tinggal di negara tropis kerap memiliki permasalahan kulit kering. Selain itu, produk makeup yang kamu terapkan juga berpengaruh pada kulit.

Cara mengatasinya, kamu bisa memilih produk makeup yang tepat bagi kulit kering. Lalu, lakukan perawatan kulit wajah kering pakai bahan-bahan alami, seperti masker tomat, masker alpukat dan madu, atau masker lidah buaya.


4. Berpori-pori Besar

Memiliki kulit wajah dengan pori-pori besar menjadi faktor penyebab mudahnya jerawat dan kulit berminyak. Bagi kamu yang memiliki masalah kulit wajah demikian, yang harus dilakukan adalah membuat pori-pori kulit wajah menjadi kecil dengan mengompresnya menggunakan beberapa bongkahan es batu.

Caranya: Taruhlah beberapa bongkah es batu ke handuk kecil dan jadikan untuk mengompres seluruh bagian permukaan wajah Anda. Lakukan setiap hari dan masalah pori-pori kulit wajah besar Anda akan teratasi secara alami.


5. Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Sama halnya bahaya dari tingkat kortisol yang terlalu tinggi, tingkat kortisol yang terlalu rendah juga bisa merugikan tubuh. Hal ini bisa menyebabkan perubahan warna di bawah mata dan masalah kulit kusam. Ubah kebiasaan Anda menggunakan kosmetik dan deodoran, gantilah dengan produk organik.






~ Semoga Bermanfaat~

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer