6 PENYEBAB MINYAK BERLEBIH PADA WAJAH


Kulit manusia memang mempunyai kondisi yang berbeda- beda. Salah satu jenis atau karakteristik kulit yang dimiliki seseorang adalah kulit yang berminyak. Kulit berminyak ini merupakan kulit yang seringkali terlihat basah karena adanya minyak dari dalam tubuh yang keluar dari kulit tersebut.. Bagian kulit yang sangat terlihat berminyak biasanya adalah wajah. Wajah merupakan salah satu bagian dari tubuh yang paling sering terlihat berkilau akibat minyak membandel.


kulit-berminyak
Ternyata minyak yang timbul pada wajah kita dapat juga dipicu karena berbagai hal. Berbagai hal yang dapat memicu timbulnya minyak pada kulit kita disebabkan karena hal- hal yang datang dari dalam maupun dari luar kulit itu sendiri.
Berikut beberapa hal yang menyebabkan kulit berminyak tersebut adalah:
1. Keturunan
Salah satu penyebab kulit menjadi berminyak yang pertama adalah karena keturunan. Keturunan ini menjadi penyebab kulit berminyak yang alami. Sebagai anak yang terlahir dari kedua orang tua, terkadang memiliki beberapa hal yang diturunkan dari orang tua. Hal ini karena orang tua mewariskan sebagian sifat genetikanya kepada anaknya. Maka tidak menutupi kemungkinan bahwa orang tua juga akan mewariskan sifat produksi minyak berlebihnya pada anaknya. Hal ini merupakan proses alam yang mana tidak dapat dicegah kedatangannya, namun bisa dibatasi kadar minyaknya.

2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak
Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang terlalu banyak mengandung lemak adalah makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh manusia, terlebih dalam waktu yang sering dan juga dalam jangka panjang. Makanan yang banyak mengandung lemak akan menyebabkan adanya lemak yang tertimbun di dalam tubuh kita, dan kemudian akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit. Beberapa penyakit yang akan terjadi karena banyaknya lemak yang tertimbun di dalam tubuh kita antara lain kelebihan kolesterol, obesitas, diabetes dan juga menyebabkan kulit berminyak.
Sebenarnya, bila dibandingkan dengan berbagai penyakit berat yang dapat timbul karena lemak yang berlebihan ini, kulit yang berminyak adalah dampak yang ringan. Namun, tetap saja kulit yang berminyak akan menjadi masalah yang serius dan juga menjadi hal yang sangat merugikan, terlebih bagi seorang wanita. Mengapa? Hal ini karena wanita sangat peduli tentang penampilan dan juga kecantikannya, maka dari itu kulit yang berminyak menjadi salah satu masalah bagi wanita.

3. Hormon yang tidak seimbang
Penyebab timbulnya masalah kulit berminyak yang selanjutnya adalah karena adanya hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Hormon yang tidak seimbang ini akan mendatangkan berbagai dampak, salah satunya adalah kulit yang berminyak. Hormon yang tidak seimbang ini biasanya terjadi saat seseorang menginjak remaja. Kulit berminyak banyak terjadi pada bagian wajah, maka dari itu sering kali kita melihat bahwasannya anak- anak yang mulai memasuki remaja banyak yang memiliki kulit wajah yang berminyak dan bahkan menimbulkan jerawat. Hal ini karena memang perubahan hormon ini banyak dialami anak- anak remaja.

4. Salah memilih kosmetik
Kita sendiri pun mengetahui bahwa bila ada yang menyebut “kulit berminyak”, biasanya memang selalu mengarah pada wajah. Nah, salah satu penyebab kulit wajah ini mempunyai ekstra minyak yang berlebih, salah satunya disebabkan karena salah pemilihan kosmetik.
Memilih kosmetik sendiri merupakan satu kegiatan yang sangat penting dan dibutuhkan banyak ketelitian dan juga pertimbangan. Hal ini karena apabila kita memilih kosmetik yang salah maka akan menyebabkan berbagai macam masalah pada kulit wajah kita, salah satunya adalah menyebabkan kulit menjadi berminyak.
Disarankan bagi Anda untuk tidak memakai kosmetik yang terlalu banya mengandung bahan kimia. Hal ini karena bahan kimia akan mampu membawa dampak buruk seperti memproduksi minyak berlebih dan bahkan iritasi. Lebih baik menggunakan kosmetik yang mengandung bahan dasar alami saja, karena hal itu akan lebih aman.

 5. Pola hidup yang tidak sehat
Bagi masyarakat perkotaan khususnya, memiliki pola tidur yang tidak teratur merupakan salah satu hal yang buruk dan dapat berdampak pada kesehatan kita. Bukan hanya kesehatan saja, namun juga mempengaruhi penampilan kita. Pola tidur yang tidak teratur akan menyebabkan gangguan pada kulit muncul, yakni masalah produksi minyak di dalam wajah yang berlebihan. Ya, tidur yang tidak teratur akan membuat minyak pada wajah menjadi mengumpul. Akibatnya, hal ini akan membuat penampilan wajah kita menjadi lebih kusam dan tampak gelap
6.  Teralu sering stress
Jika di atas sudah disebutkan bahwasannya tidur yang tidak teratur akan membuat kulit wajah kita menjadi berminyak, maka terlalu sering stress juga merupakan hal sama. Terlalu sering merasa stress akan menyebabkan produksi minyak yang ada di wajah kita menjadi berlebihan.
Ketika kita stress, prosuksi hormon kortisol akan meningkat yang otomatis menyebabkan produksi minyak dari kelenjar minyakpun akan meningkat. Hal ini tentu saja akan menyebabkan tubuh menghasilkan minyak dalam jumlah yang berlebihan dan akan membuat wajah menjadi berminyak.

~SEMOGA BERMANFAAT~


cek juga ya cara menata produk di minimarket..
https://youtu.be/KUFo486VC2Y

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer